Friday 9 November 2007

Piringan Dian Pramana



Pada September 2007, saya memperoleh dua piringan hitam album karya penyanyi Dian Pramana Putra berlabel Indonesian Jazz Vocal, dan label yang sama dengan tambahan keterangan (Volume 2). Keduanya produksi JK Records. Piringan itu saya beli dan saya peroleh di kios kaset jadul di pasar Taman Puring Jakarta selatan.

Saya terkejut ketika melihat dua piringan itu, sebab dua album itu lebih dikenal dalam format kaset. Saya dulu pernah membeli kaset album perdana Dian pada tahun 1980-an, tapi kemudian hilang. Pada 1990-an saya kembali memperoleh kaset itu di pasar kaset jadul di jalan Dewi Sartika Bandung. Awal November lalu saya membeli album kedua Dian di pasar barang bekas di jalan Mangkubumi Jogja, setelah mengetahui melalui temuan piringan hitam itu bahwa Indonesian Jazz Vocal karya Dian terdiri dari dua album. Jenis musik keduanya memang sewarna, yang berbeda dengan Dian versi pop progresif yang melambungkan namanya kemudian. *

Koleksi: Piringan hitam dan kaset Dian Pramana Putra Indonesian Jazz Vocal album perdana dan kedua (Intermezzo).

No comments: