Tuesday 11 December 2007

Kejutan SIngles Tahun 60-an













Kios piringan hitam jadul sering menghadirkan kejutan. Awal Desember 2007, penjual piringan hitam di Jakarta selatan, langganan saya, setengah memaksa, lebih tepat mendorong, saya untuk memborong piringan-piringan hitam 45 rpm karya musisi Barat tahun 60-an awal dan 50-an akhir seperti The Cats, The Bee Gees, Chubby Checker. Sebetulnya saya tidak begitu akrab dengan penyanyi-penyanyi tersebut, tapi karena dijual murah dan lagian saya tidak ingin piringan itu jatuh ke orang-orang yang tak "benar-benar mencintai musik" (hehehe, kayak siapa aja saya ini?), akhirnya saya beli sekitar 20 keping. Di kios itu, tak ada turntables untuk mencobanya. Tuntable di rumah saya juga sedang rusak jarumnya. Jadi saya cuma bisa mengecek data album ke internet melalui jasa Om Wikipedia. Dan ternyata barang-barang tersebut bernilai. *

Diskografi lima di antaranya:
1. The Cats
Single: I gotta know what's going on
Produksi: Columbia, 1968

2. The Bee Gees
Single: I.O.I.O.
Produksi: Polydor, 1970

3. Chubby Checker
SIngle: The Jet
Produksi: Master Voice, 1962

4. The Thunder Birds
SIngle: My Hula Girl
Produksi: Philips, 1959

5. Aretha Franklin
Single: Respect
Produksi: Atlantic, 1968

No comments: